“Minangkabau Youth Forum”

Posted: November 23, 2012 by Beastudi Etos Padang in Uncategorized

Kamis, 15 November 2012. Beastudi Etos Padang di bawah naungan Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa mengadakan sebuah kegiatan kepemudaan, “Minangkabau Youth Forum” atau Forum Pemuda Minangkabau dengan tema “Pemuda Pemimpin Masa Depan Beradat dan Berintegritas” . Kegiatan yang diselenggarakan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan para kader pemuda pejuang pergerakan Minangkabau  dalam eksistensinya serta mempertahankan nilai-nilai kehidupan sebagaimana yang dikehendaki.

 

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 wib-15.30wib di ruang seminar gedung E Universitas Andalas ini menyuguhkan pemaparan adat dan budaya Minang serta bentuk nyata aksi Pemuda Minang dewasa ini yang dipaparkan oleh 6 narasumber. 3 orang dari kalangan tua (Nan tuo bapituah), mereka adalah : Buya Mas’ud Abidin (Ulama Minangkabau), Dr.Ir. Puti Reno raudha Thaib (Bundo Kanduang Ranah Minang) dan Bpk. Hanif Rasyid (Sepupu Buya Hamka) dan 3 orang dari kalangan Pemuda (Nan Mudo nan bakarajo). Dari kalangan muda ada M. Subhan yang merupakan sastrawan serta jurnalis dari Minang, Braditi Moeleviy (Ketua BPC HIPMI Sumbar) dan Phobi Kevin (Trainer Muda Minangkabau). Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Moderator yang didatangkan langsung dari Bukittinggi, Romi yang juga sekaligus sebegai penyiar di RRI Bukittinggi.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dari para etoser Padang yang sebagian besar merupakan Pemuda Minang penerima manfaat dari Dompet Dhuafa serta beberapa orang aktivis mahasiswa yang peduli dengan pergerakan Ranah Minang. Kegiatan yang dihadiri oleh 265 orang peserta ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi semua pihak terkait, seperti pemerhati dan pemerintahan dalam peningkatan potensi karakter pribadi pemuda sebagai agent of change dalam kepemimpinan masa depan serta memberikan pemahaman yang komprehensif bagi pemuda minang, tentang esensi keberadaan pribadi pemuda, sebagai harapan bangsa pada umumnya dan penerus cita kepemimpinan adat minangkabau khususnya.

 

Seperti disampaikan oleh salah seorang narasumber, Buya Mas’ud Abidin, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi langkah awal perubahan bagi pemuda Minangkabau. Alhamdulillah Pemuda saat ini sudah mulai melakukan perubahan, terlihat dari acara yang dimulai tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa Pemuda Minang sudah semakin menunjukkan intergritasnya”, papar Buya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s